Kiat-kiat menghadapi wawancara kerja/interviuw kerja

      Aku senang ketika aku adalah salah satu dari 4 anggota tes yang berhak maju ke tahap berikutnya yaitu sesi wawancara, dari 54 orang 4 orang saja yang bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya,karena aku terlalu menganggap enteng maka aku tak melakukan persiapan apapun.ini fatal.aq gagal di tahap wawancara, padahal prospek kerja di sana sangat bagus, aq juga senang andai aku di terima, dan aku tak ingin ada dari kalian mengalami kesalahan yang sama.Tapi ada beberapa hal yang saya ketahui hari itu,karena saya mendapat ilmu baru dari pewawancara saya.saya lupa persis siapa namanya.Yang jelas dari logatnya saya tau bahwa ia orang batak, Untuknya saya ucapka TERIMA KASIH PAK ATAS ILMUnya.
     Berikut adalah hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum wawancara kerja/interviuw kerja:
1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan atau dinas yang kalian lamar.
kadang dalam interviuw kerja, kalian sering di tanyai mengenai sejauh mana pengetahuan kalian mengenai    perusahaan,atau instansi yang kalian lamar, hal ini juga bisa mencegah kalian dari penipuan akan lowongan kerja fiktif.
2. Ketahuilah posisi apa yang kalian lamar.
ini penting karena pewawancara akan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan posisis yang akan anda lamar, maka carilah info mengenai job desk posisi yang kalian lamar, apakah sesuai dengan kualifikasi anda, dan apa keahlian yang anda miliki dapat di manfaatkan dengan posisi yang anda lamar.
3.Jawablah dengan jujur, jangan "sok tau"
Apa bila anda tidak mengetahui tentang masalah yang di tanyakan oleh sang pewanwancara sebaiknya anda berkata jujur, jangan asal menjawab karena ia sebenarnya lebih mengetahui tentang apa yang di tanyakan kepada anda.
Nah segini yang saya dapat dari hari itu,sebenarnya masih banyak yang perlu di perhatikan tapi kalian bisa searching" lagi,agar kalian lebih kaya lagi, pengetahuan kalian mengenai hal-hal yang perlu di perhatikan saat wawancara kerja atau interviuw kerja.
Nah untuk pertanyaan yang waktu itu ditanyakan kepada saya adalah sebagai berikut:
1. Ceritakan mengenai diri Anda!
2. Apakah kelemahan Anda?
3. Kenapa Anda meninggal pekerjaan sebelumnya?
4. Bisa bekerja bersama tim?
5. Berapa gaji yang Anda inginkan?

6. Menurut Anda, apa definisi dari posisi yang Anda inginkan?7. Bagaimana Anda mengatasi masalah? 8. Kenapa saya harus menerima Anda?
9. Apa saran Anda untuk meningkatkan kinerja perusahaan?
10.Apa mimpi terbesar anda?

2 comments:

  1. Harus dipelajari nih karena penting banget buat kita2 yang mau mencari Lowongan KeRjA. nice gan infonyabermanfaat sekali..

    ReplyDelete

Mohon isikan komentar guna kemajuan Arifzp88